>

Memanas!!! Menlu Mengumpulkan Diplomat Asing

Memanas!!! Menlu Mengumpulkan Diplomat Asing

Menteri Luar Negara RI, Retno Marsudi, mengaku sudah mengumpulkan perwakilan serta diplomat negeri asing di Jakarta buat menarangkan suasana di Papua yang memanas dalam sebagian minggu terakhir.

” Tugas para diplomat merupakan menarangkan menimpa suasana di negeri kita, tercantum yang terjalin di Papua. Sebab itu, Kemlu sudah melaksanakan briefing kepada para diplomat asing di Jakarta pada 1 September kemudian,” kata Retno dikala rapat dengan komisi I Dewan Perwakilan Rakyat( DPR) pada Kamis( 5/ 9).

Dalam pertemuan itu, Retno menegaskan kalau para diplomat Indonesia hendak senantiasa mempertahankan kedaulatan teritorial Indonesia, tercantum Provinsi Papua, di kancah dunia.

Baginya, Papua serta Papua Barat merupakan bagian yang tidak bisa terpisahkan dari daerah NKRI. Tugas para diplomat Indonesia di luar negara, katanya, merupakan buat” pemagaran kedaulatan NKRI”.

” Sehingga jika terdapat perihal yang terpaut dengan upaya pembelahan, hingga itu telah ialah red line untuk kita seluruh,” kata Retno.


Statment itu diutarakan Retno dalam rapat dengar komentar di Komisi I DPR bersama Menteri Pertahanan Ryamyzard Ryacudu, Menteri Komunikasi serta Informatika Rudiantara, perwakilan Tubuh Intelijen Negeri( BIN), serta Tentara Nasional Indonesia(TNI).

Rapat tersebut berfokus pada suasana Papua dalam sebagian minggu terakhir, di mana serangkaian demonstrasi berlangsung rusuh semenjak 19 Agustus kemudian.

Kerusuhan itu dilaporkan dipicu oleh insiden pengepungan asrama mahasiswa Papua serta penangkapan beberapa pelajar di Surabaya serta Malang pada 18 Agustus kemudian.

Kantor Komisi Pemilihan Universal( KPU) serta kantor Majelis Rakyat Papua di Jayapura dilaporkan terbakar massa pedemo pada minggu kemudian. Kerusuhan pula pernah terjalin di depan kantor Bupati Deiyai sampai membunuh beberapa masyarakat sipil.

Semenjak itu, seruan referendum juga terus bergaung dari kelompok pro- kemerdekaan Papua, tercantum Pimpinan Gerakan Persatuan Pembebasan Papua Barat( ULMWP), Benny Wenda, yang dituding pemerintah bagaikan dalang di balik kerusuhan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *